Hati adalah Kunci

Jika kita melihat motivasi di balik pikiran (otak) dan tindakan sadar serta bawah sadar, motivasinya adalah untuk mendapatkan kebahagiaan. Namun kendati sukses secara duniawi dan sosial; kita kadang-kadang merasa kesepian, kosong, dan seolah-olah ada sesuatu yang hilang. Bahkan saat kita mengalami kebahagiaan, cenderung hanya sekejap saja.

Beberapa dari kita telah lama bertanya: mengapa kita tidak dapat memegang kebahagiaan. Dalam wawasan manusia selama berabad-abad, tidak ada yang menemukan jawaban yang lengkap dan abadi dari pertanyaan tersebut.

Kunci dari jawaban pertanyaan tersebut adalah hati. Bukan hati fisik yang berdetak di dada, tapi hati spiritual. Hati spiritual (selanjutnya akan disebut hati) adalah kunci hubungan kepada Tuhan YME; sumber ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan sejati.

Dalam menggunakan dan membuka hati, kita diberkati dengan kedamaian dan kebahagiaan yang dapat dirasakan sungguh-sungguh dalam hidup sehari-hari. Kehidupan sehari-hari kita sebenarnya adalah manifestasi dari seberapa kuat kita terhubung dengan Tuhan YME. Dengan demikian, hati yang terbuka juga merupakan kunci utama untuk pertumbuhan spiritual untuk semakin dekat dengan Tuhan YME.

Mengapa hati adalah hubungan utama kepada Tuhan YME? Mengapa hati adalah pusat perasaan bahagia dan indah? Mengapa hati adalah kuncinya, bukan otak atau bagian lain dari diri?

Hati adalah kunci karena diri sejati (roh) berada di dalam hati. Hati adalah fasilitas khusus yang disediakan sehingga selalu ada hubungan yang indah antara Tuhan YME dan semua diri sejati (roh).

Hubungan kepada Tuhan YME

Antara hati dan Tuhan YME, ada hubungan cinta yang indah. Ini adalah hubungan yang sangat penting yang perlu ditingkatkan terus menerus untuk mendapatkan manfaat penuh dari Cahaya dan Kasih Sayang Tuhan YME yang mengalir melalui hubungan indah itu. Hubungan Ilahi ini mendefinisikan seberapa baik hubungan kita dengan Tuhan YME, seberapa dekat kita dengan Tuhan YME. Kualitas (seberapa bersih) dan kuantitas (seberapa besar) hubungan cinta ini tergantung pada seberapa terbukanya hati kita kepada Tuhan YME.

Dengan cara yang sama, kita harus menggunakan mata untuk melihat dan tangan untuk menyentuh – bukan hanya berniat untuk atau berpikir tentang melihat atau menyentuh. Hati kita harus benar-benar digunakan untuk memperkuat hubungan kita dengan Tuhan YME. Namun karena hubungan kita dengan Tuhan YME jelas bukan secara fisik tetapi secara spiritual, jelas bahwa kita tidak akan menggunakan organ fisik untuk lebih dekat kepada Tuhan YME. Sekali lagi ini adalah mengenai hati yang merupakan kunci hubungan kita kepada Tuhan YME. Dan ketika hati spiritual sudah tidak sulit sama sekali untuk digunakan, kita akan dapat melihat hubungan ini setelah membuka hati beberapa saat.

Melalui hubungan yang indah ini, melalui hati, seluruh keberadaan kita terus menerus menerima Berkat dan Cahaya dari Tuhan YME, yang merupakan sumber sukacita, kebahagiaan, ketenangan, kesehatan, kekayaan, dan semua hal yang baik dalam hidup. Melalui hubungan cinta ini, kita sedang dicintai dan diurus Tuhan YME setiap saat.

Namun, untuk mendapatkan manfaat penuh dari hubungan yang indah ini, kita harus terhubung lebih baik lagi untuk hati dan membuka hati untuk Tuhan YME.

Bayi mulai tersenyum saat baru lahir karena mereka masih dapat dengan mudah dapat merasakan kebahagiaan sejati dari hati mereka. Mengapa lebih mudah bagi mereka untuk bahagia? Karena hubungan mereka dengan hati mereka masih sangat kuat. Mereka merasakan sukacita dari hati mereka di sebagian besar waktu mereka. Setelah bayi tumbuh menjadi anak-anak, otak mereka mulai semakin kuat dan dengan emosi negatif yang terjadi dari waktu ke waktu, hubungan dengan hati akan terblokir. Hati mereka mulai menutup jika tidak dilakukan sesuatu untuk menjaga pembukaan dan hubungan ke hati. Seperti yang kita alami, ketika beranjak tua, kita cenderung kehilangan senyum gembira karena hubungan dengan hati semakin lemah dan hati lebih tertutup oleh emosi negatif yang kita alami dari hari ke hari.

Bayi tersenyum secara alami karena hubungan mereka dengan hati mereka masih kuat sehingga mereka dapat merasakan sukacita dari hati mereka di sebagian besar waktu mereka.

bayi-tersenyum-secara-natural

Hati dan Membuka Hati

Untuk membantu meningkatkan hubungan-hubungan penting: hubungan ke hati, hubungan antara hati dan Tuhan YME; dan untuk membantu membuka hati lebih baik lagi untuk Cahaya dan Kasih Sayang Tuhan YME, Yayasan Padmajaya telah mengembangkan program sistematis. Program ini dirancang dengan baik untuk membantu kita maju langkah demi langkah dalam membuka dan meningkatkan hubungan hati kepada Tuhan YME. Setiap program memiliki latihan yang efektif untuk membuka hati dan meningkatkan hubungan hati kepada Tuhan YME. Dengan hubungan yang lebih baik, hati akan menerima lebih banyak aliran Cahaya dan Kasih Sayang Tuhan YME dengan lebih baik lagi dan lebih mudah, sehingga akan membuka dan membersihkan hati lebih baik dan lebih baik lagi. Dengan lebih hadirnya Cahaya dan Kasih Sayang Tuhan YME di dalam hati, akan dialami lebih banyak sukacita, ketenangan, dan kedamaian dalam hidup sehari-hari.