BELAJAR DI PADMAJAYA

Program Spiritualitas Padmajaya

Di bawah ini adalah gambaran dari Program Spiritualitas Yayasan Padmajaya. Hal ini disebut Program Spiritualitas karena tujuan akhir dari program ini adalah membantu mencapai tujuan hidup yang sebenarnya. Pada dasarnya program spiritualitas ini dirancang untuk membantu hati agar terbuka dan terarah kepada Tuhan YME serta membantu menyadari siapa kita sebenarnya sehingga dapat menjalani hidup sesuai dengan apa yang hati inginkan untuk terjadi.

Setelah hati terbuka dan kuat, jiwa akan mulai mendengarkan dan mengikuti kata hati. Jadi, bahkan jika kita tidak dapat menyelesaikan seluruh program spiritualitas ini saat masih hidup, hati dan jiwa akan terus belajar karena hati dan jiwa sudah tahu apa yang harus diikuti. Tubuh manusia ini hanyalah sementara, tubuh manusia diciptakan sebagai sarana untuk membantu hati belajar, mengingat, dan menyadari apa arti Kasih Sayang Tuhan YME. Setelah hati mulai ingat Kasih Sayang Tuhan YME, terlepas dari apakah kita masih memiliki tubuh manusia atau tidak, hati sudah tahu apa yang harus diikuti. Itulah sebabnya belajar membuka hati saat masih memiliki tubuh manusia adalah kesempatan yang sangat indah karena hal itu adalah sarana lengkap yang diberikan oleh Sang Pencipta, Tuhan YME.

Program Spiritualitas dibagi menjadi 3 tingkat utama :

  • Tingkat Dasar
  • Tingkat Menengah
  • Tingkat Lanjutan

Pada gambar di bawah ini, tampak diagram alur pelajaran Program Spiritualitas Yayasan Padmajaya.

Tingkat Dasar

Tingkat dasar atau tingkat persiapan mencakup semua program / lokakarya sebelum Pendalaman Spiritual. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan hati dan hati nurani agar siap digunakan pada tingkat berikutnya.

Memulai belajar di Yayasan Padmajaya, ada dua pilihan jalur yaitu:

  • Jalur Reiki Tummo
  • Jalur Membuka Hati

Kedua jalur tersebut sama-sama dimulai dengan membuka, membersihkan, dan menguatkan hati.

Pada jalur Reiki Tummo dilengkapi dengan cara menyalurkan energi ilahi untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional. Penyaluran energi ilahi ini dapat digunakan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Jika kebetulan memiliki masalah kesehatan atau perlu membantu seseorang yang memiliki masalah kesehatan, atau ingin memiliki kemampuan yang dapat berguna untuk diri sendiri atau orang lain yang setiap saat membutuhkannya penyembuhan; dapat memulai dari jalur Reiki Tummo.

Jalur Reiki Tummo juga memiliki beberapa latihan yang berhubungan dengan membuka hati namun tidak sedalam pada jalur Membuka Hati.

Namun, jika tidak tertarik melakukan penyembuhan dan hanya ingin fokus pada hati, dapat dimulai dari jalur Membuka Hati. Pada jalur Membuka Hati, tidak membahas bagaimana menyalurkan energi kepada orang lain walaupun pada Membuka Hati Tingkat 4 disebutkan cara membiarkan Kasih Sayang Tuhan YME membantu dalam kesehatan tubuh diri sendiri.

Pada kedua jalur, peserta mempelajari bagaimana cara menjadi Alat Tuhan YME untuk membagikan Kasih Sayang-Nya kepada sesama dan juga untuk mengaktifkan dan mempergunakan hati nurani.

Apapun jalur awal yang dipilih, akan dilanjutkan ke Pendalaman Spiritual. Harap dicatat bahwa masing-masing jalur tersebut saling melengkapi satu sama lain karena hati begitu dalam dan ada begitu banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan hati. Sebagian besar alumni menikmati mengambil kedua jalur tersebut karena mengalami manfaat yang lebih besar dalam membantu hati tumbuh lebih cepat. Namun, mengikuti hanya satu jalur saja juga memberi manfaat bagi hati.

Berikut ini adalah pembelajaran pada Tingkat Dasar:

Reiki Tummo Tingkat 1, Reiki Tummo Tingkat 2, Reiki Tummo Tingkat 3A

Pada Lokakarya Reiki Tummo 1, 2, 3A; peserta dibagikan cara menguatkan dan membuka hati kepada Tuhan YME serta dibagikan cara dalam penyaluran energi untuk diri sendiri dan sesama. Peserta diajak menyadari bahwa Tuhan YME-lah Penyembuh Sejati dan belajar pasrah kepada-Nya dalam praktek penyaluran energi yang tentu saja bermanfaat dalam kepasrahan kepada-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Cakra mahkota, seluruh sushumna, dan cakra dasar mulai dibersihkan dan dibuka pada tingkat 1. Pada tingkat 2, Kundalini dibangkitkan secara aman dan seketika dan api Kundalini mencapai minimal cakra pusar. Pada tingkat 3A, semua cakra utama dibuka dan seluruh sushumna dibersihkan/dibuka jauh lebih besar dan membawa api Kundalini lebih tinggi.

Meditasi

Lokakarya Meditasi membagikan tujuan sesungguhnya bermeditasi serta bagaimana bermeditasi dengan benar. Termasuk pengaktifan kelenjar pineal, menyadari keberadaan lapisan-lapisan tubuh serta teknik membersihkannya, mengembangkan cakra mahkota dan cakra jantung agar dapat menjadi Alat Tuhan dan membagikan Kasih Sayang Tuhan YME kepada semua makhluk. Kelenjar pineal adalah kelenjar utama dalam tubuh yang mengendalikan kelenjar lain, kelenjar ini membantu dalam meditasi. Kelenjar pineal diaktifkan untuk melepaskan Hormon Melatonin untuk anti oksidan dan awet muda, serta Hormon Endomorphine untuk relaksasi. Peserta juga mempelajari teknik meditasi untuk kemajuan spiritual. Peserta sudah mulai menggunakan hati lebih dalam lagi.

Kundalini

Peserta mempelajari teknik Kundalini tingkat lanjut untuk proses pembersihan dan pemurnian Kundalini untuk kemajuan yang lebih pesat. Meskipun pembangkitan Kundalini pada Reiki Tummo terjadi secara seketika dan aman, peserta tetap mengalami proses pembersihan dan pemurnian Kundalini pada setiap lapisan tubuh energi yang berbeda. Untuk mempercepat proses ini dan untuk menaikkan inti Kundalini, peserta tetap perlu melakukan berbagai latihan Kundalini yang diajarkan secara khusus dalam Lokakarya Kundalini.

Hati Nurani

Peserta diperkenalkan kepada Hati Nurani mereka sendiri, yaitu satu-satunya bagian diri yang mengetahui kebenaran sejati. Lokakarya ini membagikan banyak metoda alami untuk mengaktifkan dan memperkuat Hati Nurani dan bagaimana menggunakan Hati Nurani sebagai nahkoda dalam kehidupan sehari-hari serta untuk menyadari kebenaran-kebenaran melalui hati nurani sendiri dan untuk membiarkan Kasih Sayang Tuhan YME membawa masuk seluruh hati dan diri ke dalam kasih sayang-Nya.

Membuka Hati Tingkat 1 sampai 6

Lokakarya Membuka Hati terdiri atas 6 (enam) tingkatan. Tingkat 1 dan 2 dapat diambil sekaligus dua hari berturut-turut. Tingkat 3 dan 4 dapat diambil sekaligus dua hari berturut-turut, namun peserta perlu berlatih selama 21 hari sebelum melanjutkan, demikian pula halnya tingkat 5 dan 6. Peserta belajar secara mendalam mengenai hati, yaitu menguatkan, membuka, dan mempergunakan hati; serta membiarkan Kasih Sayang Tuhan YME membawa masuk ke dalam Kasih Sayang-Nya dalam kehidpan sehari-hari. Peserta diajak merasakan perasaan hati dan bagaimana agar hati dapat lebih pasrah kepada Tuhan YME. Pada tingkat 4 peserta diajak membiarkan Kasih Sayang Tuhan YME membantu kesehatan diri sendiri. Pada tingkat 5 dan 6, peserta diajak membagikan Kasih Sayang Tuhan YME kepada semua makhluk dan kebangkitan kundalini. Setelah menyelesaikan Membuka Hati Tingkat 6, peserta dapat mengikuti lokakarya tingkat menengah yakni Hati Nurani (tidak wajib namun dianjurkan), Pendalaman Spiritual, dan Masteryoga.

Dari sudut pandang materi lokakarya, mencapai semua 6 tingkat lokakarya membuka hati, setara dengan menyelesaikan Lokakarya Reiki Tummo Tingkat 1 sampai 3A + Lokakarya Meditasi + Lokakarya Kundalini + Lokakarya Hati Nurani. Peserta telah memenuhi kualifikasi untuk mengikuti Pendalaman Spiritual dengan penggunaan hati yang lebih dalam lagi.

Tingkat Menengah

Tingkat Menengah mencakup semua program / lokakarya sebelum Kesadaran Sejati. Hal ini dimaksudkan membantu mencapai kesadaran diri sejati (roh).

Dimulai dari tingkat Pendalaman Spiritual, kedua jalur Reiki Tummo dan jalur Membuka Hati bersatu di mana di situ mulai dibahas mengenai perjalanan yang telah dilalui oleh berbagai kesadaran manusia dan tujuan hidup yang sebenarnya. Peserta tidak sekedar diceritakan mengenai hal-hal ini, tetapi diajak merasakan sendiri dengan hati nurani masing-masing, tidak sekedar merasakan hal-hal tersebut, tetapi agar peserta mulai “ingat” lagi akan perjalanan masing-masing, karena apa yang dibahas adalah mengenai perjalanan manusia, yaitu kita sendiri: apa yang telah kita lalui sebelum kita lahir dalam kehidupan ini, dan sebagainya.

Walaupun perjalanan kesadaran-kesadaran yang lebih tinggi didiskusikan dan diberikan contoh oleh salah seorang peserta, peserta lain tidak pernah diberitahukan mengenai perjalanan masing-masing. Setelah mulai menyadari dan mengingat mengenai perjalanan yang telah dilalui oleh berbagai kesadaran manusia, peserta dapat mulai mengikuti dan mencoba sendiri perpindahan kesadaran menuju kesadaran jiwa untuk mengalami sendiri dan menceritakan sendiri pengalaman / perjalanan masing-masing, karena hal spiritual ini bukanlah sebah cerita yang cukup sekedar kita ketahui melainkan sebuah perjalanan yang harus kita lalui.

Walaupun digunakan istilah “perjalanan”, tetapi sebenarnya kita tidak melakukan apa pun, selain menerimanya sebagai anugerah Tuhan YME, sebab semua instruksi untuk berpindah dan mengalami sebagai kesadaran yang lebih tinggi adalah Kasih Sayang Tuhan YME yang membantu kita untuk berpindah ke kesadaran lebih tinggi.

Berikut ini adalah pembelajaran pada Tingkat Menengah:

Pendalaman Spiritual

Pendalaman Spiritual ini biasanya diadakan selama akhir pekan. Semua pembahasan dilakukan dengan menuntun peserta agar dapat merasakan dengan hati nurani sendiri. Pembahasan mengenai berbagai kesadaran manusia: otak, jiwa, roh, dan perjalanan masing-masing kesadaran. Sebuah metode alami perpindahan kesadaran diperkenalkan untuk membantu peserta berpindah ke dalam kesadaran jiwa. Mengenali tujuan hidup dari berbagai latar belakang, apa arti yang sebenarnya dari sudut pandang hati nurani dan apa tujuan hidup yang sebenrarnya, serta arti sejati dari tujuan hidup yang sebenarnya ini. Mengenali cara untuk dapat mulai mempergunakan kehidupan sebagai sarana untuk mulai mengarah kepada tujuan hidup yang sebenarnya itu.

Kesadaran Jiwa

Program ini terdiri dari serangkaian sesi pribadi yang dipandu oleh Master MPK (Metode Perpindahan Kesadaran) berpengalaman dan terlatih yang membantu peserta sepenuhnya sadar sebagai jiwa dengan cara membiarkan Kasih Sayang Tuhan YME membantu berpindah menuju kesadaran jiwa dan mengalami sendiri apa yang pernah dialami oleh jiwa sendiri. Hal ini sangat berbeda dengan hipnosis. Kesadaran yang lebih tinggi berarti kesadaran sehari-harinya tetap dalam keadaan sadar, tetapi di saat yang sama ada kesadaran lain yang lebih tinggi yang biasanya dihalangi, tetapi saat itu dapat diakses. Hal ini sangat penting untuk dapat mengenali jiwa, kelemahan-kelemahan, dan kebiasaan-kebiasaan yang masih ada saat ini. Dengan mengandalkan Kasih Sayang Tuhan YME, berbagai masalah/kekurangan dapat dibantu oleh Kasih Sayang Tuhan YME secara seketika.

Persiapan Master Yoga

Pembersihan cakra dan berbagai hal lainnya untuk persiapan lebih lanjut, hanya dengan doa untuk semakin mengandalkan Kasih Sayang Tuhan YME.

Memahiri Reiki Tummo (MRT)

Walaupun judulnya “Memahiri Reiki Tummo”, tetapi lokakarya ini untuk semua peserta dari jalur Reiki Tummo maupun dari jalur Membuka Hati, semuanya adalah untuk mengenali kebiasaan-kebiasaan yang mengakibatkan kita menahan Kasih Sayang Tuhan YME. Dengan memperbaiki kekurangan/kebiasaan tersebut, sikap hati yaitu kepasrahan kita kepada Tuhan YME akan banyak berubah.

Memahiri Reiki Tummo ++ (MRT++)

Program lanjutan ini membantu peserta menggali lebih dalam sikap dan kebiasaan yang menahan Kasih Sayang Tuhan YME serta memperbaiki sikap hati dan kepasrahan kepada Tuhan YME.

Tingkat Lanjutan

Tingkat Lanjutan mencakup semua program dari Kesadaran Sejati dan lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan membantu diri sejati (roh) mempelajari pelajaran spiritual sejati saat masih hidup sebagai manusia sehingga dapat mencapai tujuan hidup yang sebenarnya untuk diri sejati (roh).

Setelah persiapan-persiapan yang cukup, dengan sadar dan beberapa kali mengalami sendiri dengan baik sebagai jiwa, ditambah dengan Memahiri Reiki Tummo (MRT), Memahiri Reiki Tummo ++ (MRT++), dan persiapan Master Yoga (MY) yang semua isinya hanyalah untk memperbaiki sikap hati kepada Tuhan YME untuk semakin pasrah kepada-Nya, peserta dapat mengikuti program Kesadaran Sejati, yaitu untuk mulai sadar sebagai diri sejati untuk ingat lagi akan diri kita yang sebenarnya, semua perjalanan yang telah kita tempuh, dan tentunya tujuan hidup yang sebenarnya semakin seutuhnya lagi.

Program selanjutnya, setelah Kesadaran Sejati, yang diberi nama Master Yoga, hanya dilakukan semata-mata untuk semakin percaya dan pasrah kepada Tuhan YME, untuk dapat menyerahkan seluruh hati dan diri kita kepada-Nya, termasuk penyebab-penyebab awal mengapa diri sejati kita terpisah dari-Nya untuk dapat dalam kepasrahan menerima seutuhnya Kasih Sayang-Nya untuk membawa kita kembali seutuhnya kepada-Nya selama-lamanya.

Berikut ini adalah pembelajaran pada Tingkat Lanjutan:

Kesadaran Sejati

Mencapai kesadaran sejati untuk menyadari kembali saat-saat masih hanya sebagai diri sejati dan perjalanan yang telah dilalui selama ini. Memperbaiki sikap dan hubungan antara diri sejati dengan Tuhan YME, Sumber dan Tujuan diri sejati semua manusia.

Master Yoga (MY)

Ini adalah program jangka panjang yang dirancang untuk semakin percaya dan pasrah kepada Tuhan YME seutuh-utuhnya. Master Yoga memiliki tiga tingkat dan masing-masing tingkat memiliki beberapa tahap.

Tiga tingkat, yaitu:

  • Master Yoga Tingkat I (MY I)
  • Master Yoga Tingkat II (MY II)
  • Master Yoga Tingkat III (MY III)

Tiap tingkat memiliki tahap, yaitu:

  • Master Yoga Tingkat I Tahap 1 sampai 5 (MY I 1-5)
  • Master Yoga Tingkat II Tahap 1 sampai 3 (MY II 1-3)
  • Master Yoga Tingkat III Tahap 1 sampai 2 (MY III 1-2)

Master Yoga I Tahap 1 sampai 5 Program ini membantu para peserta mengembangkan semua cakra utama mekar seperti bunga teratai, menaikkan inti Kundalini minimal mencapai cakra jantung dan menjadi Alat Tuhan YME secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Master Yoga II Tahap 1 sampai 3 Melalui tingkat program Master Yoga, peserta belajar untuk benar-benar menjadi Alat Tuhan YME dan harus benar-benar sadar sebagai roh (diri sejati) untuk lebih dekat kepada Tuhan YME.

Master Yoga III Tahap 1 sampai 2 Tingkat akhir program Master Yoga ini membantu peserta untuk mencapai tujuan hidup yang sebenarnya (Yoga), yaitu kembali kepada Tuhan YME seutuhnya.