Apa itu Kundalini ?

Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan. Setiap orang memiliki Kundalini. Namun, pada kebanyakan orang, Kundalini tertidur di perineum (di antara anus dan kemaluan) membentuk gulungan 3½ lingkaran. Meskipun sebagian besar orang tidak menyadari adanya Kundalini, Kundalini sudah terkenal di kalangan para pencari spiritual yang serius.

Banyak aliran yoga menganggap bahwa untuk memperoleh pencerahan, yaitu tingkat kebangkitan spiritual tertinggi yang dapat dicapai seseorang (di mana seluruh rahasia alam dan kehidupan diketahui dengan jelas), seseorang harus membangkitkan Kundalininya terlebih dahulu.

Aliran yoga ini percaya bahwa Kundalini adalah kekuatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan akhir dari pencapaian spiritual untuk mencapai persatuan Ilahi yang sering disebut dengan istilah yoga.

 

Apakah Manfaat Sesungguhnya Kundalini?

Banyak orang tertarik pada energi Kundalini karena energinya dapat memberikan berbagai macam kekuatan cenayang. Sayangnya, kekuatan cenayang dari Kundalini bukanlah manfaat sesungguhnya Kundalini. Kekuatan cenayang adalah produk dari proses kebangkitan Kundalini.

Dalam Reiki Tummo, berlatih kekuatan cenayang tidak dianjurkan sama sekali, karena akan meningkatkan ego dan arogansi sehingga membawa kita menjauh dari Tuhan YME. Jika tujuan utamanya adalah untuk lebih dekat kepada Tuhan YME, maka apa pun yang dapat membawa kita menjauh dari Tuhan YME harus dihindari.

Ada tiga hal manfaat utama sesungguhnya Kundalini:

  • Setelah terbangkitkan, Kundalini melakukan proses pembersihan terus menerus 24 jam sehari.
  • Energi Kundalini membersihkan dan menyempurnakan pengembangan cakra utama, termasuk membersihkan bagian dalam cakra.
  •  Energi Kundalini menjembatani aspek mikro (praktisi) dengan aspek makro.

Proses Kundalini Yang Sesungguhnya

Proses Kundalini yang sesungguhnya sedikit berbeda dari konsep tradisional seperti dijelaskan di atas. Keempat tahap tersebut adalah bagian awal yang sederhana. Saat inti Kundalini mencapai cakra mahkota, realisasi diri tidak akan mampu diraih dengan mudah, karena pada saat itulah cakra Ilahi di atas cakra mahkota baru mulai akan terbuka.

Dengan demikian, bagian yang lebih besar dari diri sejati (roh) yang berada di dalam cakra Ilahi dapat turun ke cakra jantung di mana ada bagian lain dari diri sejati (roh) yang telah ada sejak diri sejati (roh) memasuki tubuh. Setelah dua bagian diri sejati (roh) bersatu di dalam hati, maka diri sejati (roh) di dalam diri tumbuh lebih kuat. Kemudian, hal itu akan membawa kita melalui langkah-langkah yang berbeda yang diperlukan untuk mencapai kesadaran jiwa, dan setelah itu mencapai kesadaran diri sejati (roh).

Meskipun telah mencapai kesadaran diri sejati (roh), masih ada berbagai tingkatan sebelum mencapai tujuan hidup yang sebenarnya (Yoga). Proses di mana inti Kundalini mencapai cakra mahkota hanyalah titik awal proses penyatuan. Pencapaian Yoga berarti bahwa kita sebagai mikro bersatu dengan KESATUAN (makro) dan diri sejati (roh) kembali ke Sumber.

Ketika berdiskusi mengenai Kundalini, ada istilah berbeda yang digunakan merujuk pada berbagai bagian Kundalini. Kundalini dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian: inti, api, dan energi. Seperti yang ditunjukkan ilustrasi di bawah ini, inti Kundalini adalah Kundalini itu sendiri. Inti Kundalini adalah bagian terakhir yang bergerak, yang hanya dapat bergerak setelah sushumna terbuka cukup lebar dan bersih. Pembersihan ini dilakukan oleh api Kundalini, yaitu api yang dilepaskan Kundalini. Energi yang dilepaskan Kundalini terlihat seperti api dan membersihkan dengan cara membakar. Api membakar semua hal-hal negatif dan penyumbatan dalam tubuh energi untuk membersihkan tubuh energi.

Hal-hal negatif dan hambatan pada tubuh energi dibakar dan dibawa keluar dari tubuh. Jika cakra mahkota telah terbuka, energi mengalir keluar melalui cakra mahkota. Dalam Reiki Tummo, energi ini mengalir keluar sekitar 1,5 meter hingga 2 meter dari cakra mahkota terus menerus. Ini berarti bahwa pembersihan sedang dilakukan selama 24 jam sehari. Sekali Kundalini terbangun melalui attunement Reiki Tummo (sejak Reiki Tummo tingkat 2) akan mengalami pembersihan terus menerus 24 jam sehari selama 7 hari, bahkan saat tidur di malam hari. Dengan kata lain, saat bangun di pagi hari, akan lebih bersih daripada sebelum tidur. Pembersihan terus menerus dan cepat ini dimaksudkan untuk membantu hati agar terbuka lebih cepat.

inti-api-energi-kundaliniInti, Api dan Energi Kundalni